Mikrotik

Apa Itu Mikrotik?

Mikrotik merupakan sistem operasi Linux base yang digunakan untuk network router. Mikrotik didesain untuk memberi kemudahan bagi para penggunanya. Sistem administrasinya bisa diterapkan dengan menggunakan Windows Application (Winbox). Selain itu, proses instalasi juga bisa dilakukan dengan mengunakan Standard Computer.

Secara umum, mikrotik merupakan sistem operasi dan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjadikan sebuah PC atau komputer untuk router network yang handal. Didalam routernya tadi, PC juga bisa mencangkup banyak fitur unggulan seperti IP Network jaringan wireless, provider warnet dan hotspot. Jadi, mikrotik benar-benar membantu para penggunanya.

Mikrotik memang didesaik khusus untuk memudahkan berbagai keperluan jaringan komputer. Sebut saja seperti merancang dan juga membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga kompleks. Dewasa ini, usaha warnet kebanyakan menggunakan mikrotik untuk routernya. Hasilnya, tidak sedikit dari pengusaha tersebut merasa puas dengan kinerja mikrotik tersebut.

                                                               
Terlebih dengan kemajuan dunia teknologi yang didalam mikrotiknya sendiri ada banyak fitur tambahan yang disediakan. Fitur tersebut yang membuat mikrotik semakin diminati penggunanya. Contoh fitur tambahannya adalah:

  1. Ipsec
  2. Caching DNS Client
  3. Routing Static Routing
  4. Firewall dan NAT
  5. Web Proxy
  6. UpnP
  7. SNMP
  8. MNDP
  9. Monitoring atau accounting
  10. Tools dan masih banyak fitur lainnya

Perbedaan mikrotik dengan sistem operasi yang lawas adalah kelebihan fitur yang telah disebutkan tadi. Tidak heran mikrotik menjadi sistem operasi paling ringan dan juga sederhana. Jadi wajar jika banyak usaha warnet menggunakan mikrotik. Tidak sedikit orang yang bingung perbedaan mikrotik dan router. Perlu Anda tahu bahwa router merupakan perngkat yang menjembatani ua jaringan.

Sedangkan mikrotik adalah sistem operasi yang masuk kedalam bagian open source system namun tidak termasuk software gratisan. Mikrotik biasanya banyak dipakai untuk ISP, warnet, toko game online hingga provider hotspot. Mikrotik mempunyai banyak fasilitas menarik, contohnya hotspot for plug and play access, statefull firewall dan masih banyak lainnya.

Sumber : MikrotikGambar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *